Alat Potong Paving Block Manual Berkualitas


   Alat Potong Paving Block

Alat Potong Paving Block manual adalah alat yang digunakan untuk memotong paving atau batu kerikil tanpa menggunakan sumber tenaga mekanik seperti mesin atau motor listrik. Alat ini biasanya dilengkapi dengan pisau potong yang digerakkan dengan tenaga manusia. Alat ini bisa digerakkan dengan cara diputar, ditarik atau ditekan oleh operator secara manual. Alat ini digunakan untuk membuat garis potong yang presisi dan tepat pada paving, dengan kontrol yang lebih baik daripada alat potong paving mekanik. Alat ini cocok digunakan untuk proyek pembangunan jalan atau patio yang skalanya kecil atau untuk pekerjaan finishing.

Bahan Pembuatan Alat Potong Paving Block

Alat potong paving block dapat terbuat dari berbagai bahan tergantung pada jenis dan ukuran alat potong yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat alat potong paving blok:

  • Baja: Baja adalah bahan yang kuat dan tahan lama sehingga sering digunakan untuk membuat pisau potong paving block. Pisau potong biasanya dibuat dari baja tahan karat atau baja paduan yang dapat menahan tekanan dan gesekan saat memotong paving block.
  • Batu: Batu seperti granit atau batu keras lainnya dapat digunakan untuk membuat mata potong atau roda potong. Batu memiliki kekerasan dan kekuatan yang baik sehingga dapat digunakan untuk memotong paving block dengan presisi tinggi.
  • Karbida: Karbida adalah bahan yang sangat keras dan tahan aus sehingga sering digunakan untuk membuat ujung pisau potong atau roda potong. Karbida umumnya digunakan pada alat potong dengan ukuran kecil hingga menengah.
  • Plastik: Plastik seperti polikarbonat atau akrilik dapat digunakan untuk membuat pelindung mata potong atau penutup alat potong lainnya. Plastik dapat melindungi pengguna dari percikan batu atau debu yang dihasilkan saat memotong paving block.
  • Logam lain: Selain baja, logam lain seperti aluminium atau tembaga juga dapat digunakan untuk membuat bagian-bagian alat potong paving block. Logam lain ini biasanya digunakan pada bagian yang tidak langsung terlibat dalam pemotongan paving blok seperti poros roda potong atau pegangan alat potong.

Perlu diingat bahwa dalam pembuatan alat potong paving block, harus diperhatikan bahwa bahan yang digunakan harus kuat, tahan aus, dan dapat menahan tekanan yang diperlukan saat memotong paving block.

Komponen Alat Potong Paving Block

Alat potong paving block terdiri dari beberapa komponen yang penting, diantaranya:

  • Pisau potong: Pisau potong merupakan komponen yang paling penting pada alat potong paving block. Pisau potong terbuat dari bahan yang tahan aus seperti baja atau karbida. Pisau potong memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, tergantung pada jenis paving block yang akan dipotong.
  • Poros roda potong: Poros roda potong berfungsi sebagai sumbu atau poros pada roda potong. Poros roda potong terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja atau aluminium.
  • Roda potong: Roda potong terbuat dari bahan yang keras dan tahan aus seperti karbida atau batu. Roda potong berfungsi sebagai pemotong pada alat potong paving blok.
  • Motor: Motor pada alat potong paving blok berfungsi sebagai sumber tenaga untuk memutar roda potong.
  • Rangka: Rangka pada alat potong paving blok berfungsi sebagai penyangga dan tempat untuk memasang komponen-komponen lainnya. Rangka terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja atau aluminium.
  • Pegangan: Pegangan pada alat potong paving blok berfungsi sebagai tempat untuk menggenggam dan mengontrol alat potong saat digunakan. Pegangan terbuat dari bahan yang nyaman dipegang seperti plastik atau karet.
  • Pelindung mata potong: Pelindung mata potong pada alat potong paving blok berfungsi untuk melindungi pengguna dari percikan batu atau debu yang dihasilkan saat memotong paving blok. Pelindung mata potong terbuat dari bahan yang transparan seperti polikarbonat atau akrilik.

Semua komponen alat potong paving block harus dirancang dan dipilih dengan hati-hati untuk memastikan kualitas dan keamanan penggunaan alat potong tersebut.

Cara kerja

Cara kerja Alat Potong Paving block manual adalah dengan menggunakan pisau potong yang digerakkan secara manual oleh operator. Alat ini biasanya dilengkapi dengan tombol atau pegangan yang digunakan untuk mengendalikan pisau potong. Operator harus menempatkan paving atau batu kerikil pada tempat yang tepat dan menyalakan pisau potong dengan cara diputar, ditarik atau ditekan. Kemudian operator dapat menggerakkan alatnya  untuk memotong paving sesuai dengan garis yang diinginkan. Alat ini cocok digunakan untuk membuat garis potong yang presisi dan tepat pada paving, dengan kontrol yang lebih baik daripada alat potong paving mekanik.

Harga Alat Potong Paving Block Manual

Harga alat potong paving block manual bervariasi tergantung pada merk, kualitas, dan spesifikasi dari alat tersebut. Harga yang ditawarkan bisa mulai dari beberapa ratus ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Namun, umumnya harga alat ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan alat potong paving mekanis.
Sebagai referensi, harga alat potong paving manual bisa bervariasi antara Rp. 800.000 sampai Rp. 4.000.000. Namun sangat diingatkan bahwa harga tersebut bisa saja berubah sesuai dengan fluktuasi pasar.

Sebagai catatan tambahan, saat membeli alat potong paving manual, pastikan untuk memastikan kualitas dari alat tersebut dan juga pastikan bahwa alat tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pisau potong pada alat potong paving blok manual biasanya terbuat dari baja atau besi yang kuat dan tahan lama. Pisau tersebut digunakan untuk memotong paving atau batu lantai dengan cara digerakkan ke samping. Pisau potong ini biasanya diperkuat dengan serpihan besi atau baja yang ditempelkan pada bagian ujung pisau untuk memberikan tambahan daya potong. Pisau potong ini juga dapat diganti atau dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa alat potong paving manual juga dilengkapi dengan mekanisme pengunci untuk mengunci pisau potong ketika tidak digunakan, sehingga dapat mencegah cedera.

Secara umum pisau potong pada alat potong paving block manual harus dalam kondisi yang baik dan selalu diperiksa sebelum digunakan, sehingga proses pemotongan akan lebih mudah dan hasil yang diperoleh lebih baik.

Beberapa Kelebihan dari Alat Potong Paving Block Manual adalah:

  • Biaya yang lebih rendah: Alat potong paving block tidak memerlukan sumber tenaga mekanik seperti mesin atau motor listrik, sehingga biayanya lebih rendah dibandingkan dengan alat potong paving mekanik.
  • Mudah digunakan: Alat ini mudah digunakan dan dapat digerakkan secara manual, tidak memerlukan banyak keterampilan atau latihan.
  • Fleksibilitas: Alat ini dapat digunakan untuk memotong paving dalam berbagai ukuran dan bentuk, sesuai dengan kebutuhan proyek.
  • Kontrol yang lebih baik: Alat ini memberikan kontrol yang lebih baik daripada alat potong paving mekanik, sehingga membuat garis potong yang presisi dan tepat.
  • Cocok untuk proyek skala kecil: Alat ini cocok digunakan untuk proyek pembangunan jalan atau patio yang skalanya kecil atau untuk pekerjaan finishing.
  • Temukan dan cari kami di:

Baca Juga : Mesin Cetak Paving Block Mutu K300-k400

WEBSITE : https://jauramesin.com/
Youtube : https://www.youtube.com/@juaramesin/
IG : https://www.instagram.com/juaramesin/
Twitter : https://twitter.com/JuaraMesin/

Call/Whatapp : 085 707 300 536 (admin Muhyi)

Terima kasih atas kunjungan anda di Situs Juara Mesin penjual Mesin cetak batako dan paving manual, semi otomatis dan full otomatis dan mixer atau molen dan mesin pelengkap lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Other news

  • Agen Mesin Paving Surabaya Terbaik dan Terpercaya

    Mesin Paving Agen Mesin Paving Surabaya – Mesin paving adalah alat yang digunakan untuk memproduksi paving block atau beton paving yang umumnya digunakan untuk menutupi jalan, trotoar, area parkir, dan area luar ruangan lainnya. Paving block ini biasanya terbuat dari campuran beton dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin paving dan…

  • Alat Pencetak Batako Manual Tumbuk Tangan

    Alat Pencetak Batako Manual Tumbuk Tangan Alat pencetak batako manual tumbuk tangan adalah alat yang digunakan untuk membuat batako secara manual dengan menggunakan tenaga manusia. Alat ini umumnya terdiri dari cetakan yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti logam atau kayu yang dilengkapi dengan pegangan untuk memudahkan pengguna dalam menekan adonan batako…

  • Mesin Pencetak Batako Otomatis Tranfer Palet Mutu K500

    Mesin Pencetak Batako Otomatis Tranfer Palet Mesin pencetak batako otomatis transfer palet adalah perangkat mekanis yang digunakan dalam industri pembuatan batako untuk secara otomatis mencetak batako dan mentransfernya ke palet untuk proses pengeringan dan pemindahan selanjutnya. Mesin ini biasanya digunakan dalam skala industri untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi keterlibatan pekerja secara manual. Berikut adalah…