Mesin Paving Block Otomatis K350 Berkualitas


Mesin Paving Block Otomatis

Mesin Paving Block Otomatis

Mesin paving block otomatis adalah mesin yang digunakan untuk memproduksi paving block secara otomatis. Mesin ini dapat menghasilkan paving block dengan berbagai ukuran dan bentuk, tergantung pada kebutuhan pengguna.

Mesin paving block otomatis bekerja dengan menggunakan teknologi hidrolik dan elektronik. Bahan baku seperti pasir, semen, dan agregat dicampur dan diatur melalui sistem otomatis, kemudian dicetak menjadi paving block dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Keuntungan dari menggunakan mesin paving blok otomatis adalah efisiensi produksi yang lebih tinggi, konsistensi hasil produksi yang lebih baik, serta kemampuan untuk memproduksi paving blok dengan ukuran dan bentuk yang beragam. Selain itu, mesin ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga kerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha.

Namun, mesin paving block otomatis membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin manual atau semi otomatis, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum menginvestasikan dalam mesin ini. Selain itu, mesin ini juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik agar dapat bekerja secara optimal dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Spesifikasi Mesin

Rangka body UNP 150
Kontruksi hidrlolis atas plate 16mm
Meja vibrator bawah plate 16mm
Meja belakang tempat bahan plate 6mm
Matras atau cetakan palte 16mm, 12mm, 6mm
Slinder hidrlois atas 1 buah
Slinder hidrlois bawah 2 buah
Vibrator cetakan bawah 2 ( 5,5 hp)
Vibrator cetakan atas 2 hp
Dinamo motor pompa hidrlois 5,5 hp
Dinamo motor mixer pengaduk 7,5 hp
Dinamo motor conveyer 2 hp
Operator handle valve control 3 tuas
operator 6 orang

Kapasitas
Batako ukuran 40x10x20 sekali cetak 6 buah
Paving block ukuran 10x20x8 sekali cetak 12 buah

Kapasitas produksi harian
Batako 6 buah x 960 cycle = 5760 buah
Paving 12 buah x 960 cycle = 11520 buah

Kebutuhan listrik
30 KW, 3 Phase, 220/380 Volt (kurang lebih)

Kelengkapan Mesin
1. Mesin utama mesin cetak batako atau paving press hidrolic otomatis (tanpa auto palet)
2. Power pack 1 unit
3. Panel kelistrikan 1 unit
4. Matras atau cetakan yang terpasang di mesin 1 unit sesuai permintaan
5. Conveyer panjang 6 meter
6. Mixer diameter 150cm

Sistem Kerja Mesin Paving Block Otomatis

Sistem kerja mesin paving block otomatis didasarkan pada teknologi hidrolik dan elektronik yang terintegrasi dengan sistem pengendalian komputer. Berikut adalah langkah-langkah kerja mesin paving blok otomatis secara umum:

  1. Persiapan bahan baku: Bahan baku seperti pasir, semen, dan agregat dicampur dalam proporsi yang tepat dan dimasukkan ke dalam mesin.
  2. Pencampuran bahan baku: Bahan baku dicampur dengan menggunakan sistem pencampur otomatis hingga tercampur rata.
  3. Pemadatan bahan baku: Bahan baku yang telah tercampur kemudian dipadatkan dengan menggunakan sistem pemadatan otomatis sehingga menjadi lebih padat dan kencang.
  4. Pemotongan bahan baku: Bahan baku yang telah dipadatkan kemudian dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk paving block yang diinginkan.
  5. Pengaturan paving block: Paving block yang telah dipotong kemudian diatur dalam pola tertentu dan diletakkan dalam mesin cetak paving block.
  6. Pencetakan paving block: Bahan baku yang telah teratur kemudian dicetak menjadi paving block dengan menggunakan sistem pencetakan otomatis.
  7. Pengeringan paving block: Paving block yang telah dicetak kemudian dikeringkan dalam oven atau diangin-anginkan hingga benar-benar kering.
  8. Pengemasan paving block: Paving block yang telah dikeringkan kemudian dikemas dalam kemasan yang sesuai untuk kemudian dijual atau digunakan.

Mesin paving block otomatis juga dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis yang dapat mengatur kecepatan mesin, jumlah bahan baku yang digunakan, dan lain-lain. Sistem kontrol ini dapat diprogram dan diatur melalui komputer untuk menghasilkan paving block dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

Perbandingan Bahan Baku Pasir, Semen, dan Air

Pasir, semen, dan air adalah tiga bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan paving block. Berikut ini adalah perbandingan antara ketiga bahan baku tersebut:

  1. Pasir: Pasir adalah bahan baku yang sangat penting dalam pembuatan paving block. Pasir digunakan sebagai agregat halus dalam campuran beton paving block. Pasir harus bersih dan bebas dari kotoran, seperti tanah, lumpur, atau bahan organik lainnya. Perbandingan ideal antara pasir dan bahan baku lainnya (semen dan air) adalah sekitar 3:1:1, yaitu tiga bagian pasir, satu bagian semen, dan satu bagian air.
  2. Semen: Semen adalah bahan pengikat utama dalam pembuatan paving block. Semen dicampur dengan pasir dan air untuk membentuk campuran beton yang akan menjadi paving block. Perbandingan ideal antara semen dan pasir adalah sekitar 1:3, artinya satu bagian semen dicampur dengan tiga bagian pasir. Perbandingan antara semen dan air biasanya berkisar antara 1:0,4 hingga 1:0,6, artinya satu bagian semen dicampur dengan 0,4-0,6 bagian air.
  3. Air: Air berfungsi sebagai zat cairan dalam campuran beton paving block. Air digunakan untuk mencampurkan semen dan pasir sehingga membentuk campuran beton yang kental dan mudah dicetak. Jumlah air yang digunakan harus cukup untuk membuat campuran beton menjadi kental, tetapi tidak terlalu banyak sehingga campuran beton menjadi terlalu cair. Perbandingan antara air dan bahan baku lainnya (semen dan pasir) sebaiknya tidak melebihi rasio 1:1.

Perbandingan bahan baku pasir, semen, dan air dalam pembuatan paving block harus disesuaikan dengan spesifikasi dan standar yang berlaku, serta mempertimbangkan faktor lingkungan dan kondisi iklim di lokasi produksi. Jumlah dan kualitas bahan baku yang digunakan akan berpengaruh terhadap kualitas dan daya tahan paving block yang dihasilkan.

Keuntungan Mesin Paving Block Otomatis

Mesin paving block otomatis memiliki berbagai keuntungan dibandingkan dengan metode pembuatan paving block konvensional yang dilakukan secara manual. Beberapa keuntungan utama dari mesin paving block otomatis antara lain:

  • Produktivitas yang tinggi: Mesin paving block otomatis dapat memproduksi paving block dengan jumlah yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan metode manual. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi secara signifikan.
  • Kualitas paving blok yang lebih baik: Mesin paving blok otomatis dilengkapi dengan teknologi pencampuran, pemadatan, dan pencetakan otomatis yang dapat menghasilkan paving blok dengan kualitas yang lebih baik dan konsisten. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan dan estetika paving block yang dihasilkan.
  • Hemat biaya produksi: Mesin paving blok otomatis dapat menghemat biaya produksi dalam jangka panjang karena membutuhkan tenaga kerja yang lebih sedikit dan menghasilkan paving blok dengan kualitas yang lebih baik. Selain itu, mesin paving blok otomatis juga dapat mengoptimalkan penggunaan bahan baku dan energi.
  • Mudah dioperasikan dan dipelihara: Mesin paving blok otomatis mudah dioperasikan dan dipelihara karena dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis yang dapat diprogram dan diatur melalui komputer. Mesin paving blok otomatis juga dapat dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja.
  • Dapat digunakan dalam skala besar maupun kecil: Mesin paving blok otomatis dapat digunakan dalam skala besar maupun kecil tergantung pada kebutuhan produksi. Mesin ini juga dapat diatur untuk menghasilkan paving block dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, mesin paving block otomatis menjadi pilihan yang lebih menguntungkan dan efektif dalam produksi paving block.

Perawatan dan Pemeliharaan Mesin Paving Block Otomatis

Perawatan dan pemeliharaan mesin paving block otomatis sangat penting untuk memastikan mesin tetap beroperasi dengan baik dan memperpanjang masa pakai mesin. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan dan pemeliharaan mesin paving block otomatis:

  • Membersihkan mesin secara teratur: Membersihkan mesin secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan dan menjaga mesin dalam kondisi baik. Anda dapat membersihkan mesin dengan kain lembut atau sikat halus, dan pastikan untuk menghapus kotoran dan debu yang menempel pada mesin.
  • Memeriksa dan mengganti bagian yang rusak: Bagian-bagian mesin yang sering terkena gesekan atau tekanan berlebihan seperti bearing, sabuk, dan pisau potong perlu diperiksa secara teratur. Jika terdapat bagian yang rusak atau aus, segera ganti dengan bagian yang baru agar mesin tetap beroperasi dengan optimal.
  • Pelumas: Pastikan untuk memberikan pelumas pada bagian-bagian yang membutuhkan seperti bearing atau roda gigi pada mesin. Pelumas dapat membantu mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan pada bagian mesin.
  • Kalibrasi mesin: Mesin paving blok otomatis perlu dikalibrasi secara teratur agar dapat menghasilkan paving blok dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Kalibrasi dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur dan diperiksa apakah mesin masih berfungsi dengan baik atau perlu dilakukan penyesuaian.
  • Pemeliharaan listrik: Pastikan mesin paving blok otomatis terhubung dengan sumber listrik yang stabil dan bervoltase stabil. Jangan terlalu sering menyalakan atau mematikan mesin paving blok otomatis secara tiba-tiba, karena hal ini dapat merusak mesin.
  • Training operator: Operator mesin paving blok otomatis perlu diberikan pelatihan agar dapat mengoperasikan mesin dengan baik dan aman. Pastikan operator mengerti cara pengoperasian, keamanan, dan tata cara pemeliharaan mesin paving blok otomatis.

Dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan mesin paving block otomatis secara teratur dan tepat, dapat membantu menjaga kualitas dan keandalan mesin selama digunakan, serta memperpanjang masa pakai mesin.

Baca Juga : Mesin Batako Di Surabaya

Temukan dan cari kami di:

WEBSITE : https://jauramesin.com/
Youtube : https://www.youtube.com/@juaramesin/
IG : https://www.instagram.com/juaramesin/
Twitter : https://twitter.com/JuaraMesin/
FB : https://web.facebook.com/juaramesin

Call/Whatapp : 085 707 300 536 (admin Muhyi)

Terima kasih atas kunjungan anda di situs Juara Mesin produsen Mesin cetak batako dan paving, mesin bata ringan, molen, conveyer dan mesin stone clusher pemecah batu serta mesin pelengkap lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Other news

  • Agen Mesin Paving Surabaya Terbaik dan Terpercaya

    Mesin Paving Agen Mesin Paving Surabaya – Mesin paving adalah alat yang digunakan untuk memproduksi paving block atau beton paving yang umumnya digunakan untuk menutupi jalan, trotoar, area parkir, dan area luar ruangan lainnya. Paving block ini biasanya terbuat dari campuran beton dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin paving dan…

  • Alat Pencetak Batako Manual Tumbuk Tangan

    Alat Pencetak Batako Manual Tumbuk Tangan Alat pencetak batako manual tumbuk tangan adalah alat yang digunakan untuk membuat batako secara manual dengan menggunakan tenaga manusia. Alat ini umumnya terdiri dari cetakan yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti logam atau kayu yang dilengkapi dengan pegangan untuk memudahkan pengguna dalam menekan adonan batako…

  • Mesin Pencetak Batako Otomatis Tranfer Palet Mutu K500

    Mesin Pencetak Batako Otomatis Tranfer Palet Mesin pencetak batako otomatis transfer palet adalah perangkat mekanis yang digunakan dalam industri pembuatan batako untuk secara otomatis mencetak batako dan mentransfernya ke palet untuk proses pengeringan dan pemindahan selanjutnya. Mesin ini biasanya digunakan dalam skala industri untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi keterlibatan pekerja secara manual. Berikut adalah…