Mesin Cetak Batako Getar UNP 100 Terpercaya


Mesin Cetak Batako Getar

Mesin cetak batako Getar  adalah mesin yang digunakan untuk memproduksi batako dan paving dengan cepat dan efisien. Mesin ini  terdiri dari hopper untuk menampung bahan baku, sistem pemadatan, Mesin batako dapat memproduksi berbagai ukuran dan bentuk batako, tergantung pada cetakan yang digunakan.

Keterangan Dan Nama Setiap Komponen Mesin Cetak Batako Getar

  1. Rangka Mesin
    Harus dibuat kokoh dan stabil, karena akan menahan beban impact pada saat penekanan (press) batako dan vibrasi karena putaran poros eksentrik

2. Matras Bawah
Tempat cavity dimana adonan batako diisikan untuk kemudian digetarkan dan di tekan.

3. Matras Atas
Bagian yang dijatuhkan (drop) secara mendadak untuk menekan adonan batako yang ada didalam rongga cetak matras bawah.

4. Motor penggerak
Dari perhitungan kebutuhan daya untuk memutar poros eksentrik berserta beban diatasnya (dudukan pallet, matras atas, matras bawah dan adonan batako didalam cavity), penggerak menggunakan motor diesel 8 HP.

5. V-Belt Pulley
Transmisi pemindah daya dan putaran dari poros motor diesel menuju poros yang digerakkan (poros eksentrik). Pemilihan V-belt pulley untuk antisipasi apa bila mekanisme mengalami overload, motor penggerak tidak terbakar karen masih berputar pelan akibat efek slip pada transmisi V-belt pulley.

6. Poros Eksentrik
Ketika poros ini berputar, akan menyebabkan timbulnya vibrasi atau getaran pada komponen yang posisinya berada diatas poros. Poros eksentrik ini memiliki fungsi yang similar dengan cam shaft yang digunakan pada motor bakar atau pada mesin yang beroperasi secara otomatis.

7. Dudukan Pallet Batako
Digunakan sebagai dudukan pallet dimana cetakan bawah dan adonan batako ditemptkan. Kontruksi dudukan pallet ini harus kuat karena menerima akumulasi beben impact dan vibrasi.

8. Handle
Berbentuk lengan momen yang terhubung dengan beberapa sambungan (link) yang memiliki sifat suaian longggar, handle ini berberfungi untuk menaikkan dan menurunkan matras atas dan matras bawah pada saat berlangsungnya proses produksi.

9. Stopper
Komponen ini ditempatkan pada bagian atas mesin cetak batako, yang secara fisik berbentuk baut dan mur. Fungsi stopper ini untuk mengatur ketebalan dari batako yang dicetak dengan cara memutar baut searah atau berlawanan jarum jam posisi kepala baut.

sumber : JASINTEK Vol. 3 No. 1, Oktober 2021: 1-8
Link : https://jasintek.denpasarinstitute.com

Fungsi Rangka Mesin Cetak Batako Getar

Rangka mesin cetak batako getar adalah salah satu bagian penting dari mesin cetak batako. Rangka ini berfungsi sebagai struktur penyangga mesin cetak batako dan tempat untuk memasang semua komponen mesin cetak batako seperti motor, gearbox, piston, dan plat cetak. Beberapa fungsi rangka mesin cetak batako antara lain:

  • Menjaga kestabilan mesin: Rangka mesin cetak batako dapat menopang semua komponen mesin dan memastikan kestabilan mesin saat beroperasi. Dengan begitu, mesin dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan produk batako yang berkualitas.
  • Mengurangi getaran: Rangka mesin cetak batako juga berfungsi untuk mengurangi getaran mesin saat bekerja. Getaran yang berlebihan dapat mempengaruhi kualitas produk batako dan juga mengurangi umur mesin. Dengan menggunakan rangka mesin cetak batako yang baik, getaran dapat dikurangi dan mesin dapat bekerja lebih stabil.
  • Memudahkan pemindahan: Rangka mesin cetak batakojuga dirancang agar mudah dipindahkan ke lokasi yang berbeda. Rangka mesin cetak batako biasanya dilengkapi dengan roda atau pegangan untuk memudahkan proses pemindahan.
  • Menjaga keamanan: Rangka mesin cetak batako juga berfungsi untuk menjaga keamanan operator mesin. Rangka mesin cetak batako biasanya dilengkapi dengan pelindung mesin atau tutup yang dapat menghindari operator dari bahaya terkena bagian mesin yang bergerak.
  • Mempermudah perawatan: Rangka mesin cetak batako juga dapat mempermudah proses perawatan mesin. Dengan rangka mesin yang mudah dibuka atau dilepas, maka operator mesin dapat lebih mudah membersihkan dan merawat komponen mesin seperti piston atau plat cetak.

Dengan menggunakan rangka mesin cetak batako yang baik, maka mesin cetak batako getar dapat bekerja dengan baik, menghasilkan produk batako berkualitas, serta aman dan mudah dalam pemindahan dan perawatan.

Fungsi Matras Bawah Mesin Cetak Batako Getar

Matras bawah pada mesin cetak batako getar adalah salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menyangga batako yang sedang dicetak dan menempelkan batako pada mesin cetak batako getar. Beberapa fungsi matras bawah mesin cetak batako adalah sebagai berikut:

  • Menjaga bentuk batako: Matras bawah mesin cetak batako getar berfungsi untuk menjaga bentuk batako yang sedang dicetak. Dalam proses pencetakan batako, matras bawah yang rata dan datar akan membantu mencetak batako yang berkualitas dan bentuknya seragam.
  • Memastikan kestabilan batako: Matras bawah juga berfungsi untuk menstabilkan batako yang sedang dicetak. Dalam proses pencetakan batako, matras bawah yang kuat dan kokoh akan menyangga batako dengan baik sehingga batako tidak mudah bergeser atau terguling.
  • Mengurangi getaran: Matras bawah pada mesin cetak batako juga berfungsi untuk mengurangi getaran yang dihasilkan oleh mesin saat bekerja. Dalam proses cetak batako getar, matras bawah yang kuat dan stabil akan membantu menyebar getaran ke batako secara merata sehingga batako bisa tercetak dengan baik dan sempurna.
  • Mempermudah proses pemindahan: Matras bawah pada mesin cetak batako dirancang agar mudah dipindahkan ke lokasi yang berbeda. Matras bawah biasanya dilengkapi dengan roda atau pegangan untuk memudahkan proses pemindahan.
  • Mempermudah perawatan: Matras bawah pada mesin cetak batako juga dapat mempermudah proses perawatan mesin. Dengan matras bawah yang mudah dibuka atau dilepas, maka operator mesin dapat lebih mudah membersihkan dan merawat komponen mesin seperti plat cetak atau piston.

Dengan menggunakan matras bawah yang baik pada mesin cetak batako, maka proses pencetakan batako dapat berjalan dengan lancar dan batako yang dihasilkan akan berkualitas dan seragam. Selain itu, matras bawah juga dapat mempermudah proses pemindahan dan perawatan mesin cetak batako getar.

Fungsi Matras Atas Mesin Cetak Batako Getar

Matras atas pada mesin cetak batako getar merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pencetakan batako. Matras atas memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Menjaga ketebalan batako: Matras atas pada mesin cetak batako getar berfungsi untuk menentukan ketebalan batako yang dicetak. Dalam proses pencetakan batako, matras atas yang presisi dan tepat akan menghasilkan batako yang memiliki ketebalan yang sama dan seragam.
  • Menghasilkan permukaan yang rata: Matras atas juga berfungsi untuk menghasilkan permukaan batako yang rata. Dalam proses cetak batako getar, matras atas yang rata akan membantu menekan adukan batako secara merata sehingga permukaan batako menjadi rata dan halus.
  • Menjaga kualitas batako: Matras atas pada mesin cetak batako juga berfungsi untuk menjaga kualitas batako yang dicetak. Matras atas yang kuat dan stabil akan membantu menyebar getaran ke adukan batako secara merata sehingga batako bisa tercetak dengan baik dan sempurna.
  • Mempercepat proses pencetakan: Dalam proses pencetakan batako, matras atas juga berfungsi untuk mempercepat proses pencetakan. Dengan matras atas yang kuat dan presisi, operator mesin dapat mencetak batako dengan lebih cepat dan efisien.
  • Memudahkan perawatan: Matras atas pada mesin cetak batako getar dirancang agar mudah dibongkar dan dibersihkan. Hal ini memudahkan operator mesin dalam melakukan perawatan terhadap komponen mesin seperti matras atas, plat cetak, dan piston.

Dengan menggunakan matras atas yang baik pada mesin cetak batako, maka proses pencetakan batako dapat berjalan dengan lebih efisien dan hasilnya akan berkualitas tinggi. Selain itu, matras atas juga memudahkan proses perawatan mesin dan dapat membantu memperpanjang masa pakai mesin cetak batako getar.

Fungsi Motor penggerak Mesin Cetak Batako Getar

Motor penggerak pada mesin cetak batako getar berfungsi sebagai penggerak utama mesin cetak batako. Tanpa adanya motor penggerak, mesin cetak batako tidak dapat beroperasi dan menghasilkan batako. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari motor penggerak pada mesin cetak batako:

  • Menggerakkan piston: Motor penggerak pada mesin cetak batako berfungsi untuk menggerakkan piston yang berada di dalam mesin. Piston ini berfungsi untuk menekan adukan batako ke dalam matras sehingga adukan batako dapat tercetak dengan baik dan sempurna.
  • Menggerakkan plat cetak: Motor penggerak juga berfungsi untuk menggerakkan plat cetak pada mesin cetak batako getar. Plat cetak ini berfungsi untuk menempatkan adukan batako dan matras bawah sehingga adukan batako dapat tercetak dengan baik dan terjaga ketebalannya.
  • Menghasilkan getaran: Motor penggerak pada mesin cetak batako getar juga berfungsi untuk menghasilkan getaran yang diperlukan untuk mencetak batako. Getaran yang dihasilkan oleh motor penggerak akan menyebar ke seluruh mesin cetak batako sehingga adukan batako dapat terkompaksi dan tercetak dengan sempurna.
  • Mengatur kecepatan mesin: Motor penggerak pada mesin cetak batako juga berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin cetak batako. Dengan mengatur kecepatan motor penggerak, operator mesin dapat mengatur kecepatan proses pencetakan batako sehingga batako yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang baik.
  • Mempercepat proses pencetakan: Dengan menggunakan motor penggerak yang berkualitas, proses pencetakan batako dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya produksi, serta meningkatkan produktivitas mesin cetak batako.

Dengan adanya motor penggerak pada mesin cetak batako, proses pencetakan batako dapat berjalan dengan lebih lancar, cepat, dan efisien. Selain itu, motor penggerak juga sangat penting dalam menjaga kualitas batako yang dihasilkan oleh mesin cetak batako getar.

Fungsi V-Belt Pulley Mesin Cetak Batako Getar

V-Belt pulley pada mesin cetak batako getar berfungsi sebagai penghubung antara motor penggerak dan mesin cetak batako. Berikut adalah beberapa fungsi V-Belt pulley pada mesin cetak batako:

Menghubungkan antara motor penggerak dan mesin cetak batako: V-Belt pulley berfungsi sebagai penghubung antara motor penggerak dan mesin cetak batako getar. Dengan menggunakan V-Belt pulley, tenaga yang dihasilkan oleh motor penggerak dapat disalurkan ke mesin cetak batako dengan baik.

  • Mentransmisikan tenaga: V-Belt pulley juga berfungsi sebagai perantara untuk mentransmisikan tenaga dari motor penggerak ke mesin cetak batako. Dengan menggunakan V-Belt pulley, tenaga dari motor penggerak dapat disalurkan ke mesin cetak batako dengan efisien dan tanpa terjadi gesekan yang berlebihan.
  • Menjaga kestabilan mesin: V-Belt pulley berfungsi untuk menjaga kestabilan mesin cetak batako saat dalam operasi. Dengan menggunakan V-Belt pulley, getaran dan guncangan yang dihasilkan oleh mesin cetak batako dapat diabsorbsi dengan baik sehingga mesin dapat beroperasi dengan stabil dan aman.
  • Mengatur kecepatan mesin: V-Belt pulley juga berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin cetak batako. Dengan menggunakan pulley yang memiliki diameter yang berbeda, operator mesin dapat mengatur kecepatan mesin cetak batako sehingga batako yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang baik.
  • Memperpanjang umur mesin: Dengan menggunakan V-Belt pulley yang berkualitas, umur mesin cetak batako getar dapat diperpanjang karena terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh getaran, guncangan, atau gesekan yang berlebihan.

Dengan adanya V-Belt pulley pada mesin cetak batako getar, tenaga dari motor penggerak dapat disalurkan ke mesin cetak batako dengan baik dan efisien. Selain itu, V-Belt pulley juga berfungsi untuk menjaga kestabilan mesin dan mengatur kecepatan mesin cetak batako sehingga batako yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang baik.

Fungsi Poros Eksentrik Mesin Cetak Batako Getar

Poros eksentrik pada mesin cetak batako getar adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menghasilkan getaran pada matras mesin. Berikut adalah beberapa fungsi poros eksentrik pada mesin cetak batako:

  • Menghasilkan getaran: Fungsi utama poros eksentrik adalah menghasilkan getaran pada matras mesin. Getaran ini diperlukan untuk memadatkan campuran adukan pasir, semen, dan air yang sudah dicetak pada matras, sehingga menghasilkan batako yang padat dan kuat.
  • Mengatur amplitudo getaran: Poros eksentrik juga berfungsi untuk mengatur amplitudo atau besarnya getaran yang dihasilkan. Amplitudo getaran yang dihasilkan akan mempengaruhi kualitas batako yang dihasilkan, sehingga operator mesin perlu mengatur amplitudo getaran secara tepat.
  • Meningkatkan efisiensi mesin: Dengan adanya poros eksentrik, efisiensi mesin cetak batako getar dapat meningkat karena proses pembuatan batako menjadi lebih cepat dan efisien. Dalam waktu singkat, matras mesin dapat menghasilkan beberapa batako yang padat dan berkualitas.
  • Mengurangi kerusakan pada mesin: Poros eksentrik juga berfungsi untuk mengurangi risiko kerusakan pada mesin cetak batako. Getaran yang dihasilkan poros eksentrik terfokus pada matras mesin, sehingga risiko kerusakan pada komponen lainnya seperti rangka mesin dapat dihindari.

Dengan adanya poros eksentrik pada mesin cetak batako, proses pembuatan batako menjadi lebih cepat, efisien, dan menghasilkan batako yang berkualitas. Selain itu, poros eksentrik juga berfungsi untuk mengurangi risiko kerusakan pada mesin cetak batako getar. Oleh karena itu, operator mesin perlu memastikan poros eksentrik dalam kondisi baik dan tidak rusak agar mesin dapat beroperasi dengan baik.

Fungsi Dudukan Pallet Batako

Dudukan pallet batako adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat atau alas bagi batako yang telah dicetak oleh mesin cetak batako. Berikut ini adalah beberapa fungsi dudukan pallet batako pada mesin cetak batako getar:

  • Tempat penumpukan: Dudukan pallet batako berfungsi sebagai tempat untuk menumpuk batako yang telah dicetak oleh mesin cetak batako getar. Sehingga, batako yang telah dicetak akan terkumpul pada dudukan pallet batako dan siap untuk diambil dan dipindahkan ke tempat penyimpanan atau untuk proses pengeringan.
  • Mempermudah proses penumpukan: Pallet batako yang telah terisi batako yang telah dicetak dapat dengan mudah ditumpuk dan dipindahkan ke tempat lain. Dudukan pallet batako memiliki ukuran dan desain yang sesuai dengan ukuran pallet batako, sehingga memudahkan proses penumpukan batako secara teratur dan rapi.
  • Menghindari kerusakan pada batako: Dudukan pallet batako dapat membantu menghindari kerusakan pada batako yang telah dicetak karena dapat meminimalkan risiko terjadinya kontak langsung antara batako yang satu dengan yang lain. Dengan demikian, kualitas batako yang telah dicetak tetap terjaga dan tidak rusak atau pecah.
  • Untuk mengoptimalkan penggunaan mesin, dudukan pallet batako yang digunakan pada mesin cetak batako getar juga dapat membantu. Ini karena dudukan pallet batako memudahkan operator mesin memindahkan batako yang telah dicetak ke tempat penyimpanan atau pengeringan, sehingga mesin dapat digunakan kembali untuk mencetak batako lain.

Dengan adanya dudukan pallet batako pada mesin cetak batako, proses pembuatan batako dapat menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Dudukan pallet batako juga dapat membantu menjaga kualitas batako yang telah dicetak agar tetap terjaga, serta mengoptimalkan penggunaan mesin cetak batako getar.

Fungsi Handle

Handle pada mesin cetak batako getar berfungsi sebagai alat untuk menggerakkan mesin. Handle biasanya berada di bagian atas mesin dan digunakan oleh operator untuk memutar poros eksentrik yang ada di dalam mesin. Poros eksentrik ini nantinya akan menghasilkan getaran pada matras dan membuat campuran adonan batako menjadi padat dan rapat.

Berikut ini beberapa fungsi handle pada mesin cetak batako getar:

  • Menggerakkan mesin: Handle pada mesin cetak batako berfungsi sebagai alat untuk menggerakkan mesin. Dengan memutar handle, poros eksentrik akan bergerak dan menghasilkan getaran pada matras untuk mencetak batako.
  • Mengontrol kecepatan mesin: Handle juga dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan mesin cetak batako. Dengan memutar handle lebih cepat atau lebih lambat, operator dapat mengatur kecepatan mesin dan menghasilkan batako yang berkualitas baik.
  • Meningkatkan efisiensi kerja: Dengan menggunakan handle, operator mesin dapat meningkatkan efisiensi kerja dan menghasilkan batako lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Handle juga memungkinkan operator untuk mengatur jumlah dan kecepatan produksi sesuai dengan kebutuhan.
  • Memudahkan pemindahan mesin: Handle juga berfungsi sebagai alat untuk memudahkan pemindahan mesin cetak batako dari satu tempat ke tempat lain. Dengan handle, operator dapat memegang dan mengangkat mesin dengan mudah dan aman.

Dengan adanya handle pada mesin cetak batako getar, proses pembuatan batako dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Handle digunakan untuk menggerakkan mesin, mengontrol kecepatan, meningkatkan efisiensi kerja, dan memudahkan pemindahan.

Fungsi Stopper

Stopper pada mesin cetak batako getar berfungsi menghentikan atau mengatur posisi matras saat proses cetak batako selesai. Stopper, yang biasanya terletak di bagian bawah mesin, dapat diatur sesuai dengan ukuran batako yang diinginkan.

Berikut ini beberapa fungsi stopper pada mesin cetak batako:

  • Mengatur ukuran batako: Stopper pada mesin cetak batako dapat diatur untuk menghasilkan batako dengan ukuran yang diinginkan. Dengan mengatur posisi stopper, operator dapat mengatur tinggi atau ketebalan batako yang akan dihasilkan.
  • Memastikan ketepatan ukuran batako: Stopper membantu operator menjaga ukuran batako tetap tepat. Menempatkan stopper pada posisi yang tepat memungkinkan operator memastikan ukuran batako konsisten dan seragam.
  • Meningkatkan efisiensi produksi: Stopper dapat meningkatkan efisiensi produksi dengan mempercepat proses cetak batako. Dengan menggunakan stopper, operator dapat menghasilkan batako dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat.
  • Mencegah kerusakan mesin: Stopper juga dapat membantu mencegah kerusakan mesin akibat pengoperasian yang salah. Dengan menggunakan stopper, operator memastikan mesin beroperasi sesuai dengan ukuran batako yang ditentukan, sehingga mengurangi risiko kerusakan.

Dengan adanya stopper pada mesin cetak batako getar, proses cetak batako dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Gunakan stopper untuk mengatur ukuran batako, memastikan ketepatan ukuran, meningkatkan efisiensi produksi, dan mencegah kerusakan pada mesin.

Spesifikasi Mesin Cetak Batako Getar

Kapasitas
Sekali cetak keluar 4 batako atau 4-5 paving model bata

Kapasitas Total
Batako 1000-1500 buah per hari
Paving 1500-2000 buah per hari

Power
Diesel 12 pk atau dinamo motor 5,5 hp

Meterial
Mild stell UNP 10 dan plat sistem (4-8)

Operasional
Gravitasi dropp dan vibratio

Dimensi Mesin
150 x 75 x 170 cm

waktu pemesanan
3 minggu

Cara Merawat Mesin Cetak Batako Getar

Berikut adalah beberapa langkah perawatan untuk mesin cetak batako:

  • Bersihkan mesin secara teratur. Pastikan untuk membersihkan semua bagian mesin dari debu, kotoran, atau material lainnya yang mungkin tertinggal setelah proses produksi.
  • Lubricate (melumasi) bagian-bagian mesin yang memerlukan lubrication (lumasan) secara teratur. Ini akan membantu menjaga agar mesin beroperasi dengan lancar dan mengurangi risiko kerusakan.
  • Periksa kondisi komponen-komponen mesin secara teratur. Pastikan untuk mengecek kondisi komponen-komponen mesin, seperti bearing, seal, dll, untuk mengetahui apakah sudah mulai mengalami kerusakan. Jika ada yang rusak, segera ganti dengan komponen yang baru.
  • Hindari overloading (beban terlalu berat) pada mesin. Jangan memaksakan mesin untuk memproduksi batako dengan jumlah yang terlalu banyak dalam satu waktu. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.
  • Periksa kondisi alat-alat bantu mesin secara teratur. Pastikan untuk mengecek kondisi alat-alat bantu mesin, seperti cetakan, mixer, dll, untuk mengetahui apakah sudah mulai mengalami kerusakan. Jika ada yang rusak, segera ganti dengan alat yang baru.

Dengan melakukan perawatan secara teratur, mesin cetak batako akan tetap beroperasi dengan lancar dan menghasilkan batako berkualitas tinggi.

Temukan dan cari kami di:
WEBSITE : https://jauramesin.com/
Youtube : https://www.youtube.com/@juaramesin/
IG : https://www.instagram.com/juaramesin/
Twitter : https://twitter.com/JuaraMesin

Call/Whatapp : 085 707 300 536 (admin Muhyi)

Terima kasih atas kunjungan anda di situs Juara Mesin produsen Mesin cetak batako dan paving, mesin bata ringan, mixer, conveyer dan mesin stone clusher pemecah batu
serta mesin pelengkap lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Other news

  • Agen Mesin Paving Surabaya Terbaik dan Terpercaya

    Mesin Paving Agen Mesin Paving Surabaya – Mesin paving adalah alat yang digunakan untuk memproduksi paving block atau beton paving yang umumnya digunakan untuk menutupi jalan, trotoar, area parkir, dan area luar ruangan lainnya. Paving block ini biasanya terbuat dari campuran beton dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin paving dan…

  • Alat Pencetak Batako Manual Tumbuk Tangan

    Alat Pencetak Batako Manual Tumbuk Tangan Alat pencetak batako manual tumbuk tangan adalah alat yang digunakan untuk membuat batako secara manual dengan menggunakan tenaga manusia. Proses pembuatan batako dengan alat ini melibatkan langkah-langkah berikut: Persiapan adonan batako, yang biasanya terdiri dari campuran tanah liat, pasir, air, dan bahan tambahan lainnya. Pengisian adonan ke dalam cetakan…

  • Mesin Pencetak Batako Otomatis Tranfer Palet Mutu K500

    Mesin Pencetak Batako Otomatis Tranfer Palet Mesin pencetak batako otomatis transfer palet adalah perangkat mekanis yang digunakan dalam industri pembuatan batako untuk secara otomatis mencetak batako dan mentransfernya ke palet untuk proses pengeringan dan pemindahan selanjutnya. Berikut adalah beberapa fitur umum dari mesin pencetak batako otomatis transfer palet: Pencetakan Otomatis: Mesin ini dapat secara otomatis…